Tuesday, 30 December 2014

Pengertian Awan Cumulonimbus yang ditakuti para penerbang

Saat sebelum pesawat AirAsia QZ8501‎ hilang kontak, pilot pernah meminta izin untuk hindari awan tebal. Awan itu adalah awan cumulonimbus yang memanglah ditakuti banyak penerbang.

 " Jadi dokumen yang kami dapatkan ini diterbitkan Stasiun Meteorologi Juanda. Selama rute penerbangan, keadaan cuaca berawan. Awannya berbagai macam. Nah, salah satu yang pantas diwaspadai oleh penerbangan yaitu awan cumulonimbus. Pada track dimana pesawat dinyatakan lost contact ada awan cukup tidak tipis 48 ribu kaki atau 16 ribu mtr., " terang Kepala Pusat Meteorologi Penerbangan Maritim BMKG, Syamsul Huda, waktu dihubungi detikcom, Minggu (28/12/2014).



Awan Cumulonimbus yaitu suatu awan tebal vertikal yang menjulang sangatlah tinggi, padat, serupa gunung atau menara. Sisi pucuk awan ini berserabut, terlihat berjalur-jalur serta nyaris rata, melebar serupa bentuk landasan yang dimaksud anvil head. Awan ini ikut serta segera dalam badai petir serta cuaca ekstrem yang lain.

Awan ini terbentuk juga sebagai hasil dari ketidakstabilan atmosfer. Awan-awan ini bisa terbentuk sendiri, dengan cara berkelompok, atau di sepanjang front dingin di garis squall. Awan ini membuat petir lewat jantung awan. Awan ini bisa terbentuk lagi jadi supersel, suatu badai petir besar. Badai petir ini yang ditakuti beberapa penerbang.

Cumulonimbus terbagi dalam tetes-tetes air di bagian bawah awan serta tetes-tetes salju atau kristal-kristal es di bagian atas awan. Ada updraft serta downdraft hingga sangat mungkin terjadi sirkulasi. Gesekan partikel awan di dalamnya bisa menyebabkan muatan listrik.

Lumrah saja awan cumulonimbus ditakuti penerbang. Karena awan ini yang seringkali bikin bencana. Lantaran awan ini adalah satu-satunya awan yang bisa menghasilkan muatan listrik Tornado dengan kata lain puting beliung bisa terbentuk cuma lewat awan ini.

Fenomena alam yang sering berlangsung disebabkan alam cumulonimbus diantaranya munculnya kilat (lightining) serta guntur (thundestorm), hujan lebat, angin kencang, bahkan juga dapat menyebabkan hujan es.

berita kita

About berita kita

Author Description here.. Nulla sagittis convallis. Curabitur consequat. Quisque metus enim, venenatis fermentum, mollis in, porta et, nibh. Duis vulputate elit in elit. Mauris dictum libero id justo.

Subscribe to this Blog via Email :

Silahkan berkomentar mengenai artikel kami